Quiz PBKK B

 Nama     : Adhira Riyanti Amanda

NRP       : 5025211102

Kelas     : Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja (B)


Quiz PBKK

1. Jelaskan struktur framework , dan apa saja kegunaanya dalam pengembangan Perangkat Lunak?

Framework (kerangka kerja) adalah struktur konseptual yang digunakan untuk merancang, mengimplementasikan, dan mengorganisasi perangkat lunak berbasis website maupun desktop. Struktur ini mencakup berbagai komponen, aturan, dan prinsip yang membantu pengembang dalam membangun aplikasi secara konsisten dan efisien.

Struktur Framework:
  • Aset dan Pustaka (Library): Menyediakan kumpulan kode yang dapat digunakan kembali, termasuk modul, fungsi, kelas, dan komponen lainnya.
  • Kontrol Alur (Flow Control): Mengatur alur eksekusi program dan logika kendali.
  • Antarmuka Pengguna (User Interface): Menyediakan komponen dan alat untuk membangun antarmuka pengguna yang interaktif dan menarik.
  • Manajemen Koneksi dan Akses Data (Data Access and Connection Management): Menyediakan abstraksi untuk mengakses dan memanipulasi data serta manajemen koneksi ke sumber daya eksternal seperti database.
  • Penanganan Kesalahan (Error Handling): Menangani dan memproses kesalahan yang terjadi selama eksekusi aplikasi.
  • Keamanan (Security): Menyediakan alat dan metode untuk mengamankan aplikasi dan data.
  • Konfigurasi (Configuration): Menyediakan mekanisme untuk mengkonfigurasi dan menyesuaikan perilaku aplikasi.
  • Logging dan Pemantauan (Logging and Monitoring): Memfasilitasi pencatatan aktivitas aplikasi dan pemantauan kinerja.
  • Pengujian (Testing): Menyediakan alat dan metode untuk pengujian aplikasi.
Kegunaan Framework dalam Pengembangan Perangkat Lunak:
  • Efisiensi Pengembangan: Framework menyediakan komponen-komponen siap pakai dan aturan pengembangan yang telah terdefinisi, menghemat waktu dan upaya pengembangan.
  • Konsistensi: Framework memastikan konsistensi dalam pengembangan, membuat aplikasi mudah dipelajari dan diakses oleh tim pengembang yang berbeda.
  • Pemeliharaan dan dokumentasi: Dengan menggunakan framework, pemeliharaan perangkat lunak menjadi lebih mudah karena struktur dan komponennya telah terorganisir dengan baik. Selain itu, dokumentasi pada framework juga lebih terstruktur sehingga aplikasi yang dibangun dapat diidentifikasi dengan mudah dan cepat
  • Peningkatan Produktivitas: Framework memungkinkan pengembang untuk fokus pada fungsionalitas inti aplikasi daripada membangun komponen dasar dari nol.
  • Meningkatkan keamanan: Framework memiliki beberapa versi yang selalu memiliki ada pembaruan dari segi fitur serta untuk mengurangi adanya bugs. Keamanan akan selalu diperbarui dan dimonitoring agar tidak terjadi permasalahan yang lebih serius pada website misalnya terjadinya hacking maupun peretasan data
2. Dalam pembuatan aplikasi, pertimbangan apa saja ketika memilih metode implementasi Winform, WPF , ataupun UWP. Jelaskan perbedaan masing-masing.
  • WinForms (Windows Forms):
    • Kompleksitas Pengembangan: WinForms cenderung lebih sederhana dan mudah dipahami, sehingga cocok untuk digunakan pada aplikasi yang membutuhkan waktu pengembangan cepat.
    • UI: Tampilan UI pada WinForms didasarkan pada konsep form dan kontrol, dengan kontrol-kontrol yang mudah diatur dan ditempatkan menggunakan drag-and-drop.
    • Kinerja: Kinerja WinForms umumnya baik untuk aplikasi desktop kecil hingga menengah, tetapi mungkin tidak optimal untuk aplikasi yang membutuhkan tampilan yang sangat kompleks atau tajam.
    • Platform Target: WinForms adalah framework khusus untuk Windows dan tidak dapat digunakan untuk pengembangan lintas platform.
  • WPF (Windows Presentation Foundation):
    • Kompleksitas Pengembangan: WPF membutuhkan tingkat pemahaman yang lebih tinggi dibandingkan dengan WinForms karena mengadopsi model pemrograman yang lebih modern dan kuat.
    • UI: WPF memungkinkan pengembangan UI yang lebih kaya dan menarik dengan dukungan untuk styling, templating, dan animasi.
    • Kinerja: WPF memiliki kinerja yang baik bahkan untuk UI yang kompleks dan dapat menangani aplikasi yang lebih besar dengan lebih baik dibandingkan dengan WinForms.
    • Platform Target: WPF juga terbatas pada platform Windows, tetapi memberikan kemampuan pengembangan aplikasi dengan UI modern.
  • UWP (Universal Windows Platform):
    • Kompleksitas Pengembangan: UWP membutuhkan tingkat pemahaman yang cukup tinggi dan menawarkan pendekatan modern dalam pengembangan aplikasi yaitu memisahkan antara logika bisnis (Model) dan tampilan antarmuka pengguna (View)
    • UI: UWP memungkinkan pengembangan UI yang responsif, menarik, dan dapat disesuaikan dengan perangkat yang berbeda (desktop, tablet, ponsel, Xbox, dll.).
    • Kinerja: UWP memberikan kinerja yang baik dan dapat memaksimalkan efisiensi daya serta optimal untuk perangkat seluler dan tablet.
    • Platform Target: UWP memungkinkan pengembangan aplikasi yang dapat dijalankan di berbagai perangkat Windows, termasuk PC, tablet, telepon, HoloLens, Xbox, dan lainnya.
3. Untuk memperjelas jawaban no 2, Buatlah screenshot aplikasi yang pernah dibuat, beserta deskripsi dan link tugas yang pernah dikerjakan mengenai Winfor, WPF dan UWP


Membuat kalkulator sederhana menggunakan Windows Form


Membuat Aplikasi Media Capture


Membuat Aplikasi List Nama



Membuat Aplikasi Dashboard


Membuat Aplikasi Photolab

4. Apa yang dimaksud dengan aplikasi Rich UI. Buatlah aplikasi Rich UI yang berguna dalam kehidupan sehari hari, misal Animasi Clock, aplikasi cuaca, pemantauan kesehatan. Buat design UI nya.

Aplikasi Rich UI  mengacu pada aplikasi yang memiliki antarmuka pengguna yang kaya, menarik, dan sering kali kompleks. Istilah "rich" merujuk pada penggunaan elemen-elemen UI yang lebih canggih, termasuk grafis tingkat tinggi, animasi halus, efek visual, dan tata letak yang menarik. Tujuannya adalah untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih mendalam, interaktif, dan memikat. Rich UI  harus sejalan dengan tujuan dan fungsi aplikasi, sambil mempertahankan fokus pada usabilitas dan kejelasan informasi.

Karakteristik umum dari aplikasi Rich UI:
  • Desain Visual yang Menarik: Penggunaan elemen desain yang estetis dan menarik, seperti ikon yang indah, warna dan font yang sesuai.
  • Animasi yang Halus: Penggunaan animasi halus dan menarik untuk mengarahkan pengguna dan meningkatkan interaksi.
  • Interaktif: Aplikasi ini sering menawarkan tingkat interaktivitas yang tinggi, di mana pengguna dapat berinteraksi dengan elemen UI
  • Tata Letak yang Elaboratif: Tata letak yang terstruktur dengan baik untuk menampilkan konten dengan jelas dan memastikan pengalaman pengguna yang baik.
  • Visualisasi Data yang Menarik: Menampilkan data dalam format visual yang menarik dan mudah dimengerti, seperti grafik, diagram, dan animasi data.
  • Antarmuka yang Responsif: Responsif terhadap perangkat dengan berbagai ukuran layar, termasuk perangkat mobile, tablet, dan desktop.
5.  Dokumentasi
Link Github: Aplikasi Kanban



Comments

Popular posts from this blog

Tugas 1 PBKK - Membuat Kalkulator Sederhana

Tugas 3 PBKK - Membuat Aplikasi List Nama